Sabtu, 21 Desember 2019

Inilah Dokter Spesialis Penyakit dalam Penyakit Tropik Infeksi di Jakarta Timur yang Bisa Membantu Anda


Sebelumnya kita pasti sering mendengar tentang spesialis penyakit dalam. Penyakit dalam sendiri adalah spesialisasi dalam dunia kedokteran yang berhubungan dengan kondisi medis ataupun penyakit yang mempengaruhi fungsi serta kinerja organ bagian dalam tubuh manusia. Lalu tropik infeksi sendiri adalah cabang ilmu penyakit dalam yang secara khusus mempelajari penyakit atau infeksi yang biasanya muncul di daerah-daerah tropis. Dokter spesialis penyakit dalam penyakit tropik infeksi di Jakarta Timur sendiri dapat kita temukan dengan cukup mudah sebenarnya.

Menurut WHO sendiri, penyakit tropik infeksi atau selanjutnya kita sebut sebagai penyakit tropis sendiri adalah suatu penyakit yang hanya terjadi di daerah tropis. Umumnya istilah penyakit tropis sering digunakan pada penyakit menular yang dapat berkembang pada kondisi panas serta lembab. Lalu apa sajakah yang termasuk penyakit tropis itu? Dibawah ini adalah beberapa contoh dari penyakit tropik infeksi, yaitu:

Inilah Dokter Spesialis Penyakit dalam Penyakit Tropik Infeksi di Jakarta Timur yang Bisa Membantu Anda

·         Kaki gajah (Lymphatic Filariaisis)
Menurut penelitian yang diadakan oleh Centers for disease Control dan Prevention, kaki gajah adalah salah satu penyakit yang menyebabkan terjadinya kecacatan di seluruh dunia. Penyakit kaki gajah sendiri diakibatkan oleh cacing nematoda yang berbentuk seperti benang yang sering disebut sebagai cacing filaria. Penularan penyakit ini melalui gigitan nyamuk yang mengandung mikrofilaria di dalamnya. Dimana setelah berkembang larva ini akan masuk menuju kelenjar getah bening yang akan menyumbat aliran getah bening pada lipatan paha yang kemudian menimbulkan pembesaran pada kaki penderitanya.

Di Indonesia sendiri penderita kaki gajah mengalami peningkatan. Per Oktober 2018, 14 ribu masyarakat Indonesia terjangkit penyakit ini.

·         Demam berdarah
Jika di Indonesia, demam berdarah menjadi penyakit umum yang datang setiap tahun. Namun tidak untuk bagian dunia lain. Tingkat penderita demam berdarah di Indonesia sendiri sebenarnya mengalami fluktuasi dimana pada 2015 berada dalam angka 126.675 kasus. Lalu pada 2016 berada pada 204.171 kasus. Demam berdarah sendiri ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Baik kaki gajah maupun demam berdarah sendiri sebenarnya memiliki gejala nya masing-masing. Pada kaki gajah sendiri gejalanya terbagi menjadi dua, yaitu:

·         Gejala akut

ü  Demam yang datang selama 3 hingga 5 hari.
ü  Kelenjar getah bening membengkak, khususnya disekitar lipatan paha.
ü  Ketiak yang terasa panas dan sakit serta kemerah-merahan.
ü  Adanya peradangan pada saluran kelenjar getah bening yang mengakibatkan terasa panas serta sakit yang menjalar dari pangkal lengan atau pangkal kaki ke arah ujung-ujung.
ü  Adanya pembesaran pada lengan, buah zakar, atau buah dada.

·         Gejala kronis, pada gejala kronis akan terjadi pembengkakan yang menetap pada lengan, buah zakar, atau buah dada.
Demam berdarah juga mempunyai gejalanya sendiri, yaitu:

ü  Demam tinggi hingga 40° C.
ü  Adanya nyeri kepala, nyeri otot, sendi, serta tulang.
ü  Adanya penurunan nafsu makan.
ü  Mual serta muntah.

Jika anda mengalami salah satu dari gejala diatas , ada baiknya anda memeriksakan diri ke tenaga profesional. Khusus Anda yang berada di daerah Jakarta Timur, mungkin beberapa dokter spesialis penyakit dalam penyakit tropik infeksi di Jakarta Timur ini akan dapat membantu Anda, yaitu:

1.       Prof. dr. Djoko Widodo, Sp.PD-KPTI

·         Lokasi: Rumah Sakit Premier Jatinegara alamat Jalan Raya Jatinegara Timur, Kota Jakarta Timur
·         Jam Praktik : Pagi 07.00-08.00 dan Siang 16.00-18.00.

2.       Prof. Dr. Herdiman T. Pohan, Sp.PD-KPTI

·         Lokasi: RS Mediros. Jalan Perintis Kemerdekaan, Pulo Gadung, Jakarta Timur
Share:

0 komentar:

Posting Komentar